Search
Close this search box.

Salah Nggak Ya Bisnis Kuliner Modal Nekat? Ya Nggak Dong!

Bagikan info ini ke temanmu!

Daftar Isi

FOODIZZ.ID – Bandung. Kawan Foodizz, pasti banyak diantara kalian yang punya pemikiran untuk “jalan dulu aja” ketika membuka bisnis kuliner. Hal tersebut tidak salah karena banyak brand kuliner terkenal yang pada akhirnya sukses bertahan lama. Tentunya pemikiran “jalan dulu aja” tersebut diimbangi dengan evaluasi, modal, juga kelihaian sang pemilik dalam melihat kondisi pasar. Bagi yang tidak lihai, ya tetap bisa tetap berjualan tetapi apa adanya saja. Tidak lebih dan tidak kurang, benar-benar stagnan.

Apakah salah dengan pemikiran tersebut? Tentu tidak. Memulai bisnis kuliner bisa dengan mindset atau pemikiran apa saja. Tidak ada yang salah dan benar, hanya memang harus diimbangi dengan evaluasi dan juga refleksi agar bisnis tersebut semakin berkembang. Berkembangnya bisnis kuliner juga menjadikan adanya beberapa praktik mindset yang bisa diterapkan, khususnya bagi mereka yang mau terjun ke dunia kuliner. Apa saja mindset atau pemikiran tersebut?

Mindset Ilmu Keuangan

Ada orang yang ingin membuka bisnis kuliner, tapi benar-benar diperiksa terlebih dahulu alur keuangannya bagaimana. Apakah dengan membuka bisnis kuliner tersebut, cashflow akan menjadi lebih baik atau bagaimana. Lalu apakah dalam waktu lima atau sepuluh tahun mendatang masih bisa bertahan dengan bisnis tersebut, bagaimana hitungan balik modal, dan lainnya.

Biasanya, pebisnis yang memiliki pemikiran seperti ini adalah orang yang sangat hati-hati, tidak mau asal mengeluarkan uang jika hasilnya tidak bisa diprediksi dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Mindset Mengikuti Mentor Kuliner

Untuk mengerti sesuatu, kadang harus ada guru nya terlebih dahulu kan? Berlaku juga untuk bisnis kuliner. Bisa berguru dengan mereka-mereka yang sudah expert di bidangnya. Ada yang ahli di bidang SCM atau Supply Chain Management, ada yang ahli di bidang sosial-media kuliner, ada yang ahli di bidang investasi kuliner.

Bagi calon pebisnis yang kurang paham istilah-istilah manajerial, paling pas mengikuti mindset ini. Belajar dulu pada ahlinya, baru praktikkan ilmu tersebut dalam bisnis Kawan Foodizz.

Mindset Mulai Aja Dulu

Pebisnis-pebisnis dengan pemikiran seperti ini biasanya terbagi dalam dua kondisi. Memang dia memiliki modal dan ingin otodidak mempelajari bisnis kuliner, atau memang tidak punya pilihan lain untuk melakukan bisnis kuliner. Banyak pengusaha yang mulai dengan pemikiran seperti ini, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Biasanya, mereka yang tidak mengimbanginya dengan evaluasi dan refleksi, akan berakhir gulung tikar. Sebaliknya, yang sering melihat pasar, sering inovasi produk, akan berhasil bertahan. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga untuk gulung tikar.

Kalau Foodizz sendiri bagaimana? Baiknya sih mengikuti cara-cara yang dijelaskan oleh mentor kuliner terlebih dahulu. Karena di Foodizz sendiri ada kelas-kelas kuliner yang bisa ditonton oleh para calon pebisnis, agar tahu bagaimana dunia kuliner di balik layar, bagaimana tips dan trik jitu untuk buka bisnis kuliner baru, dan lainnya.

Mau tetap punya mindset “jalan aja dulu”? Ya tidak masalah, karena pemikiran-pemikiran tersebut adalah hal yang kreatif, tidak bisa disalahkan. Lalu siapa yang bisa menilai? Ya yang melakukan bisnis dengan cara tersebut. Orang lain hanya melihat kesuksesan atau keruntuhannya saja.

Gabung Newsletter Foodizz Academy

Dapatkan informasi menarik tentang industri bisnis kuliner setiap minggunya

Menara Asia Afrika, Jl. Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Dapatkan Informasi Terupdate

Terus update mengenai industri bisnis kuliner bersama kami

© 2024 Foodizz. All Rights Reserved.
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com